Kamis, 16 Mei 2019

Inilah Cara Jual Rumah Paling Efektif yang Wajib Dipelajari


Inilah Cara Jual Rumah Paling Efektif yang Wajib Dipelajari

Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap manusia terutama bagi yang sudah berkeluarga. Setelah berkeluarga, memiliki rumah sendiri dinilai sebagai suatu pencapaian yang cukup bagus. Karena dengan memiliki rumah sendiri, salah satu faktor kesejahteraan keluarga yaitu tempat tinggal sudah terjamin.

Setiap tahun, kebutuhan tempat tinggal sebuah keluarga semakin meningkat seiring dengan jumlah anggota keluarga yang semakin bertambah. Pada awal masa pernikahan, sebuah keluarga kecil cukup membeli sebuah rumah dengan satu kamar tidur saja karena memang jumlah anggota keluarga belum terlalu banyak. Namun setelah memiliki anak dan anak semakin tumbuh besar, kebutuhan tempat tinggal pun semakin meningkat.

Selain kebutuhan keluarga, Ada beberapa alasan mengapa jual rumah dianggap sebagai salah satu solusi masalah tempat tinggal. Alasan tersebut bisa disebabkan karena membutuhkan uang, ingin pindah ke hunian yang lebih layak, atau mungkin ingin pindah ke rumah yang lebih mahal dari rumah yang sebelumnya.

Dengan menjual rumah, pemiliknya bisa mendapatkan keuntungan lebih yang bisa membantu keuangan keluarga. Namun perkara jual rumah juga sebenarnya bukan perkara sederhana. Rumah merupakan salah satu aset yang cukup sulit diperjual-belikan mengingat harganya yang terus meningkat apalagi jika jual beli tersebut termasuk dengan tanah tempat rumah berdiri.
Hampir tidak mungkin ada seseorang yang berhasil menjual rumahnya dalam waktu satu hari. Hal ini dikarenakan saat akan membeli rumah, seseorang pasti memiliki pertimbangan yang cukup besar sehingga sang penjual rumah pun harus bekerja cukup keras saat akan menjual rumah.
Maka dari itu, wajib bagi seorang penjual rumah untuk mengatur strategi agar bisa berhasil menjual rumah yang diinginkan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar proses jual rumah bisa berjalan lancar dan memiliki peluang terjual yang cepat.

Merenovasi Rumah Sebelum Dijual
Cara yang satu ini sering dianggap sebagai pemborosan bagi sebagian penjual rumah. Namun merenovasi rumah sebenarnya sangat perlu dilakukan saat akan menjual rumah. Dikutip dari laman Wikihow, merenovasi rumah bisa menaikkan harga jual dari rumah yang sedang ditawarkan.
Renovasi rumah yang dimaksud bukan berarti renovasi besar-besaran. Renovasi kecilpun sudah cukup mempengaruhi kerapian rumah dan bisa membantu melancarkan proses jual rumah yang sedang dilakukan.

Namun seberapa besar renovasi yang dilakukan tergantung pada kondisi rumah saat akan dijual. Jika kerusakannya cukup terlihat dan bahkan kondisinya cukup parah, maka hal ini secara tidak langsung akan membuat harga rumah yang dijual turun. Hal inilah yang menyebabkan proses renovasi sangat penting dilakukan. Jika kondisi rumah dalam keadaan baik, maka calon pembeli akan nyaman saat memeriksa kondisi rumah dan bahkan kemungkinan besar bisa terjadi transaksi jual beli dalam waktu cepat.

Mengecek Harga Pasaran
Strategi yang harus dilakukan selanjutnya saat melakukan jual beli adalah menentukan harga yang tepat. Mengetahui harga yang tepat sangat perlu dilakukan agar penjual rumah tidak salah mematok harga rumah yang akan dijual. Untuk mengetahui harga yang tepat untuk rumah yang akan dijual bisa dilakukan dengan memeriksa NJOP (Nilai Jual Obyek Pajak) yang tertera dalam berkas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang diterima setiap tahun. Kebanyakan penjual rumah akan menetapkan harga rumah sekitar dua atau tiga kali lipat dari nilai NJOP yang tertera.

Jika melihat dari nilai NJOP dirasa terlalu merepotkan, situs-situs internet juga bisa digunakan untuk melihat taksiran harga rumah yang akan dijual. Jika cara ini juga dianggap terlalu rumit, penjual bisa menaksir harga penjualan dengan melakukan survei di lingkungan sekitar rumah untuk mengetahui kisaran harga yang tepat. Dengan mengetahui harga jual rumah yang tepat, hal ini akan mempermudah rumah yang ditawarkan cepat terjual.

Memanfaatkan Media Sosial
Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, seseorang bisa menjual rumahnya dengan bantuan teknologi canggih yang sudah tersedia. Seseorang bisa memanfaatkan internet sebagai sarana bantuan saat menjual rumah. Internet saat ini menjadi salah satu sarana yang sangat membantu kebutuhan masyarakat.

Proses jual rumah melalui internet bisa dilakukan dengan memasang iklan di situs jual beli atau situs media sosial yang dimiliki. Hal ini akan membantu proses jual beli rumah berjalan tanpa harus menawarkan secara offline kepada sanak saudara. Namun tentu saja jika akan menjual sesuatu melalui media sosial harus dibarengi dengan strategi yang mumpuni.

Saat menjual rumah melalui internet, sudah menjadi kewajiban untuk seseorang menampilkan foto rumah yang representatif. Karena jika foto yang ditampilkan asal-asalan sudah pasti akan merusak rencana menjual rumah tersebut.Saat memanfaatkan media sosial, penjual tidak perlu mengeluarkan biaya yang berarti. Namun jika yang digunakan adalah situs jual beli, bisa jadi penjual harus mengeluarkan beberapa biaya. Namun biaya tersebut masih terbilang wajar mengingat hasil yang cukup menjanjikan.

Itulah beberapa cara jual rumah yang harus dipelajari. Memastikan seluruh unsur sudah sesuai, akan membantu proses jual beli rumah berjalan dengan lancar. Maka dari itu, mempelajari strategi-strategi jual beli rumah wajib dilakukan jika Anda ingin proses jual beli rumah berjalan dalam waktu yang singkat dan tanpa hambatan apapun.


0 komentar:

Posting Komentar