Selasa, 08 Januari 2019

Menghapus Foto Mantan di Social Media Kita Perlukah?

Menghapus Foto Mantan di Social Media Kita Perlukah?

\Barangkali kamu termasuk orang yang sering berfoto-foto ria dengan pasangan dan mengunggahnya di media sosial? Hal ini sangatlah wajar. Sebab, kamu mungkin tidak ingin melewatkan momen-momen indah bersamanya.

Namun, ketika putus dengan pasangan, mungkin kamu bingung karena sudah telanjur mengunggah banyak foto mantan di media sosial. Lalu apakah foto-foto tersebut sebaiknya dihapus? Atau dibiarkan saja?

Pada dasarnya, menghapus foto mantan atau tidak itu tergantung pada diri masing-masing. Jika memang foto mantan membuatmu teringat terus padanya, tidak ada salahnya untuk menghapus foto tersebut. Harapannya, perasaan akan jauh lebih lega dan bisa cepat move on.

Dilansir dari Huffington Post, melihat foto mantan di media sosial memang bisa menggagalkan usaha seseorang untuk move on. Meski mungkin hanya berniat untukr nostalgia, hal ini justru bisa memancing memori-memori indah yang seharusnya ditinggalkan.

Sebuah penelitian dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking tahun 2015 mengungkapkan bahwa semakin sering kita membuka foto-foto bersama mantan di media sosial, maka semakin besar pula hasrat untuk kembali menjalin hubungan dengannya.

Alih-alih bikin cepat move on, sering melihat foto mantan justru akan membuka luka lama dan akhirnya bisa membuat seseorang menyesal sudah putus dengan pacar.

Meskipun menghapus foto mantan bisa bikin perasaan jauh lebih lega, kamu mungkin masih merasa takut hal ini akan menyinggung perasaannya.

Namun kembali lagi, ingatlah bahwa saat ini kalian sudah tak lagi menjalin hubungan. Jadi, sah-sah saja jika ingin menghapus foto mantan di media sosial. Toh, media sosial tersebut adalah hak milik kita pribadi.

Supaya perasaan lebih lega setelah putus dengan pacar, sebaiknya perhatikan ini dulu sebelum memutuskan untuk menghapus foto mantan di media sosial.

1. Mantapkan hati

Tak perlu terburu-buru menghapus foto mantan jika hati belum siap. Pasalnya, melakukan tindakan tanpa berpikir panjang seringnya berujung pada penyesalan.

Alih-alih bikin cepat move on, kamu justru akan menyesal telah terburu-buru menghapus foto mantan di media sosial. Lebih parahnya lagi, rasa penyesalan tersebut malah membuat kamu terus mencari-cari foto kenangan bersama si mantan.

Setiap orang yang baru saja putus dengan pacar perlu waktu masing-masing untuk menenangkan diri. Yang terpenting, mantapkan hati terlebih dahulu. Dijamin, setelahnya kamu bisa lebih rela untuk menghapus foto mantan dan membuka lembaran baru.

2. Hapus foto bukan berarti hapus pertemanan

Bila kamu putus secara baik-baik, maka kamu tentu akan lebih mudah untuk menghapus fotonya dari media sosial. Pasalnya, kamu tahu bahwa menghapus foto sang mantan bukan berarti menghapus hubungan pertemanan.

Ya, walaupun sudah tidak ada lagi fotonya di laman media sosial, bagaimanapun juga mantan akan tetap menjadi teman baikmu. Namun setidaknya, menghapus foto kalian berdua di masa lalu bisa membantu menjaga perasaan dan privasi satu sama lain.

3. Hargai pasangan yang baru

Katie M. Waber, seorang peneliti dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking tahun 2014, mengungkapkan bahwa seluruh konten di media sosial, entah itu foto, komentar, atau video, dapat membuat kita semakin sulit menghapus bayangan mantan.

Hal ini tentu bisa membahayakan hubunganmu bersama pasangan yang baru. Adanya foto mantan di media sosial bisa menimbulkan persepsi bahwa seseorang susah move on, padahal sekarang sudah ada pacar baru.

Maka itu, menghapus foto mantan bisa menjadi salah satu cara menghargai kehadiran pasangan saat ini. Biarkan masa lalu tetap menjadi masa lalu dan mulailah dengan lembaran baru mulai dari sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar